PAKAN YANG TEPAT UNTUK BUDIDAYA NILA

Halo Bapak/Ibu Sahabat Petani BSM, Untuk bisa membuat ikan nila tumbuh dengan sehat dan cepat, pakan ikan nila harus mengandung komposisi gizi yang seimbang. Selain itu, jenis-jenis pakan yang Bapak/Ibu pilih juga sangat mempengaruhi pertumbuhan ikan nila.

Nutrisi yang Dibutuhkan Ikan Nila untuk Tumbuh Lebih Cepat

  • Kadar protein dalam pakan agar cepat besar adalah 28-50%. Rendah atau tingginya persentase kandungan protein pada pakan bergantung pada ada atau tidaknya pakan alami di kolam. Jika pakan alami seperti plankton tersedia di kolam, maka Bapak/Ibu bisa mengurangi kandungan protein pada pakan yang Bapak/Ibu berikan.
  • Karbohidrat adalah salah satu sumber energi utama yang diperlukan ikan nila untuk tumbuh dengan baik. Pakan ikan nila yang banyak mengandung karbohidrat memiliki harga yang relatif murah. Salah satu contoh makanan ikan nila yang kaya akan karbohidrat adalah dedak dan sisa nasi.
  • Lemak dan minyak dalam komposisi pakan ikan digunakan untuk melarutkan vitamin A, D, E, K, dan sumber asam lemak esensial. Bapak/Ibu bisa mengatur sendiri kandungan lemak dan minyak yang terkandung dalam pakan selama masih di angka 5-12%. Akan tetapi, jika pakan mengandung 12% lemak dan minyak, ikan nila akan berkembang lebih cepat.
  • Vitamin adalah zat yang berguna untuk proses metabolisme ikan nila. Jika ikan nila yang sedang Bapak/Ibu budidayakan mengalami gangguan nafsu makan, gangguan warna sisik, serta gangguan keseimbangan, itu menunjukkan ikan nila Bapak/Ibu kekurangan vitamin.
  • Kandungan mineral di dalam pakan dapat meningkatkan pertumbuhan, sintasan, dan kesehatan ikan, meskipun jumlah yang dibutuhkan sedikit. 

Menghitung FCR Ikan Nila Dengan Konsep Kemandirian

FCR (Feed Conversion Ratio) merupakan parameter kunci dalam budidaya ikan nila yang menunjukkan efisiensi pakan. Hal tersebut digunakan untuk mengukur berapa banyak pakan yang dibutuhkan untuk menghasilkan satu kilogram ikan nila.

FCR ikan didapatkan melalui rumus berikut :

Informasi mengenai FCR ikan yang dibudidayakan sangat penting karena berkaitan dengan efisiensi pakan. Efisiensi pakan berfungsi mengukur tingkat penggunaan input, yakni pakan dan output berupa bobot daging ikan. Semakin kecil nilai efisiensi pakan, berarti pakan yang diberikan sudah baik.

Efisiensi berkaitan erat dengan biaya yang harus Anda keluarkan selama budidaya. Apabila efisiensi pakan tidak bagus, kemungkinan besar biaya pakan yang dikeluarkan juga besar. Padahal, pakan merupakan komponen penting dan besar dalam usaha budidaya. Semakin besar biaya pakan, akan semakin besar juga biaya produksi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru

SOP Tanam Pisang

Kunyit – Temulawak – Jahe

Fermentasi Gadung Sambiloto

SOP Tanaman Pepaya

SOP Kacang Tanah

Pengunjung

  • Pengunjung Hari Ini55
  • Kunjungan Hari Ini96
  • Total Pengunjung5316
  • Total Kunjungan12485
  • Pengunjung Online1